Muba Ramadhan 2022

Kurun Waktu Dua Pekan, Polres Banyuasin Berhasil Ungkap 26 Kasus

121

BANYUASIN, Liputansumatera.com
Polisi Resort Banyuasin Polda Sumatera Selatan melakukan kegiatan Press Release mengungkap beberapa kasus yang digelar di halaman Mapolres Banyuasin, Jumat (21/1/2022) pagi.

Kapolres Banyuasin AKBP Imam Safii menjelaskan, dalam kurun waktu 2 minggu terakhir, Polres Banyuasin berhasil mengungkap beberapa kasus termasuk kasus yang menonjol.

“Dalam kesempatan ini kami menyampaikan hasil pelaksanaan tugas kami selama 10 hari atau dalam kurun waktu 2 minggu menjabat sebagai Kapolres di Polres Banyuasin, dalam rangka penegakan hukum telah melakukan ungkap kasus sebanyak 26 kasus dengan tersangka sejumlah 37 orang,” jelasnya.

AKBP Imam Safii merinci,​ kasus curat sebanyak 15 kasus,​ 3 kasus persetubuhan anak, 2 kasus penggelapan, 1 kasus curas, 1 kasus pemerkosaan, 1 kasus amirat, 1 kasus percobaan pemerkosaan, 1 kasus pengeroyokan dan 1 kasus pencurian dalam keluarga.

Dari beberapa kasus, lanjutnya ada kasus yang menonjol diantaranya kasus curas yang mengakibatkan korban luka-luka, kasus perkosaan terhadap seorang nenek. Dominasi kejahatan di wilayah Polres Banyuasin saat ini adalah 3C yaitu didominasi oleh kasus pencurian dengan pemberatan kemudian pencurian dengan kekerasan.

“Kita melaksanakan upaya pencegahan berupa patroli dan kita akan melakukan peningkatan kegiatan patroli preventif dan juga tetap akan melakukan penegakan hukum yang tegas terhadap pelaku curat maupun curas,” tegasnya.

Ditambahkan Kasat reskrim Polres Banyuasin AKP M Ikang Adi Putra, kasus yang menonjol atas nama Awan dan Yusril yang terjadi di daerah Tungkal Ilir, dimana pada saat itu korban punya janji dengan kedua tersangka.

“Mereka berdua datang ke rumah korban, setelah masuk ke dalam rumah langsung dilakukan tindakan asusila pemerkosaan secara bergilir oleh yang bersangkutan. Untuk motifnya sementara ini berdasarkan keterangan tersangka yaitu karena hilaf,” urainya.

Tersangka dikenakan pasal 285 di mana ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara, “ini berdasarkan ada laporan dari korban ke Polsek Tungkal Ilir dan kita tindak lanjuti dengan melakukan penangkapan,” imbuhnya.

Sementara, untuk kasus 365 di daerah Rambutan, tersangka mengambil kendaraan roda dua yang mengakibatkan korban sempat dirujuk di ICU dan tidak sadarkan diri akibat menderita luka bacok oleh dua orang pelaku.

“Awalnya seorang pelaku tidak mengaku, dirinya mengatakan hanya sebagai saksi, namun pada saat dilakukan penyidikan oleh anggota Polsek langsung berhasil diungkap dan juga pelaku selanjutnya menyerahkan diri. Identitas tersangka Faisal Romli (18) dan Yudi bin Medan (20),” jelas Ikang Adi Putra

Selain itu, kasus pemerkosaan ayah kandung terhadap anak berusia 6 tahun yang terjadi di wilayah Kecamatan Betung. “Modus 3C di wilayah Polres Banyuasin saat ini sedikit meningkat,” pungkasnya.​ (les)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.