Muba HUT RI

PT Baturona Bakal Eksplorasi Batubara di Kecamatan Lais

561

MUBA, Liputansumatera.com – Guna mengeta­hui, menemukan, meng­identifikasi dan men­entukan gambaran geo­logi dam pemineralar­an berdasarkan ukura­n, bentuk, sebaran, kuantitas dan kualit­as suatu mineral unt­uk kemudian dapat di­lakukan pengembangan secara ekonomis, PT Baturona Adimulya melakukan rencana kegiatan eksplorasi batubara yang akan dilaksa­nakan di Desa Petaling Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Sebelum pelaksanaan eksplorasi, pihak perusahaan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga yang terkena dampak eksplorasi tersebut.

Sosialisasi digelar di Aula kantor Camat Lais, dipimpin Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi, dihadiri Kapol­sek Lais Iptu Amran Yu­suf, Kepala Desa Pet­aling Ifiat, per­waki­lan PT Baturona Isyanto, Sek­cam Lais Marsofi SKM MM serta warga yang bakal terkena dampak eksplorasi.

Dalam kesempatan itu, perwakilan PT Baturona Adimulya Isyanto mengatakan sosialisasi ini bertujuan agar tidak adanya kesalahan pahaman, sehingga in­formasi yang diterima masyarakat berimba­ng.

“Rencana kita akan mengekplosari sebanyak 12 titik di Dusun 4 Desa Petaling. Nah, kegiatan seperti mengebor sumur, jadi tidak merusak lokasi perkebunan masyarakat,” urainya

Dirinya menerangkan, dalam kegiatan eksplorasi tersebut pihaknya tidak melakukan paksaan kepada masyarakat. “Kami berharap kegiatan ini didukung masyarakat dan pemerintah setempat, sehingga eksplorasi ini akan berjalan lancar,” Imbuhnya.

Isyanto menambahkan, dalam kegiatan ini juga tentunya pihak Baturona akan melakukan pe­ndekatan secara pers­uasif kepada masyarakat yang dibantu oleh pemerintah kecamatan, pemerintah Desa dan aparat keamanan.

“Pada prinsipnya, ki­ta tidak memaksa yang tidak berkenan dan kita hargai ya­ng bersedia,” tutupnya. 

Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi, menyambut baik atas masuknya investor yang ingin eksplorasi batubara di Desa Petaling Kecamatan Lais.

Dirinya juga mengingatkan, agar dalam kegiatan eksplorasi ini tidak adanya unsur paksaan dikedua belah pihak. “Yang tidak mau diadakalan eksplorasi jangan dipaksakan, bagi yang mau disilahkan,” Jelasnya.

Demoon berharap, kegiatan ini berjalan lancar dan jika ada permasalahan dirinya menyarankan agar kedua belah pihak melakukan musyawarah di tingkat desa.

Senada, Kepala Desa Petaling Ifiat menyampaikan, keputusan terjadinya ekplorasi batubara oleh Baturona Adimulya adalah keputusan dari masyarakat.

“Masuk atau tidaknya Baturona ke Desa Petaling keputusannya ada di masyarakat. Artinya, kalau masyarakat menolak ya tidak bisa dipaksakan, sebaliknya jika masyarakat mau ya silahkan,” jelasnya.

Sementara, Kapolsek Lais Iptu Amran Yusuf meminta agar pelaksanaan sosialisasi hingga eksplorasi nantinya berjalan lancar dan didukung masyarakat. “Kita menghimbau kepada pihak perusahaan dapat melakukan pendekatan secara pers­uasif dan bagi masyarakat diharapkan tidak menimbulkan gejolak atau kegiatan yang anarkis. Ada permasalahan lakukan musyawarah,”  pungkasnya. (Mar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.