Muba HUT RI

Ratusan Mahasiswa Baru USS Antusias Ikuti Pengenalan Kampus

21

PALEMBANG, Liputansumatera.com – Ratusan mahasiswa baru Universitas Sumatera Selatan (USS) tampak antusias mengikuti masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022.

Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, ST MSc PhD menyambut hangat bergabungnya para calon intelektual muda di kampus Entrepreneur University bersama ribuan mahasiswa USS lainnya.

“Selamat datang mahasiswa baru Universitas Sumatera Selatan di kampus Entrepreneur University. Ke depan, mahasiswa harus cepat beradaptasi dengan peradaban dan perkembangan zaman yang sangat cepat. InsyaAllah Anda semua tepat bergabung ke USS, kita memiliki konsep Entrepreneur University yang menggabungkan teori dan praktikum,” kata Yudha, didampingi WR I Dr Ir Leila Kalsum, MT dan WR II Rabin Ibnu Zainal SE MSc PhD, Jum’at (17/9/2021).

Pengenalan kampus ini diselenggarakan selama dua hari, 17-18 September 2021. Acara dilaksanakan secara live zoom kepada mahasiswa baru. Para pimpinan USS berada di Aula Kampus A USS, Jalan Letnan Murod, Talang Ratu, KM 5 Palembang.

Setelah acara dibuka oleh Rektor USS, panitia menyajikan video sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. Dilanjutkan sambutan dari Kepala LLDIKTI II Prof Yuliansyah SE MSA PhD Akt CA.

PKKMB itu makin bermakna dengan tampilnya berbagai narasumber kompeten dan hebat. Seperti materi tentang bahaya terorisme oleh Kepala BNPT, materi Bela Negara oleh Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan, materi Etika Bersosial Media oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Materi berikutnya tentang Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara dari Kodam II/Sriwijaya oleh Pabanya Wanmil Sterdam II/Swj Mayor Inf Achmad Zaki berdasarkan surat tugas dari atas nama Panglima Kodam II/Swj, Asisten Teritorial Kolonel Fithrizal Setiawan SSos MSc.

Mahasiswa baru USS juga disajikan materi oleh Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin PhD bertema Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia tentang Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Kehidupan Kampus pada Masa Pandemi.

Dilanjutkan materi dari WR I Dr Leila Kalsum, MT tentang Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia khusus Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa. Materi disambung oleh WR II Rabin Ibnu Zainal PhD bertema Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia tentang Lingkungan dan Fasilitas Kampus Universitas Sumatera Selatan.

Pada hari kedua, peserta PKKMB yang online dan offline (perwakilan tiap Prodi), mendapatkan materi tentang Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Bagi Mahasiswa yang disampaikan oleh Indra Gilang Wibawa (Pengusaha). Kemudian, materi tentang SIMAK oleh Kepala Sistem Teknologi Komunikasi (STK) USS, Alamsyah Rasyid MT.

Materi berikutnya tentang Pembayaran Akademik Mahasiswa USS oleh tim dari Bank Syari’ah Indonesia (BSI). Materi berikutnya ialah Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba oleh BNN, kemudian materi tentang Perpustakaan USS oleh Syahrizal SE MSi.

Mahasiswa baru USS juga mendapatkan materi tentang Pengenalan Pendidikan di USS di setiap Fakultas. Ada Fakultas Ekonomi disampaikan oleh Dekan Teguh Iman Santoso SE MM PhD bersama Ka.Prodi Manajemen Riri Hanifah SE MM. Dekan Fakultas Ilmu Komputer  Dr H Muhammad Taufik Roseno ST MKom dan Ka Prodi Usep Tiesnajaya S Kom MKom. Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Elmiezy Arafah MS bersama Ka Prodi Agribisnis Yuwinti Nearti SP MSi dan Ka Prodi Ilmu Perikanan Donny Prariska SPi MSi. Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi H. Agus Srimudin SPdI MIKom dan Ka Prodi Adli SSosI MSc.

Mahasiswa baru juga dikenalkan dengan organisasi mahasiswa di lingkungan USS yang disampaikan Ketua BEM USS Andi Wiradinata didampingi wakil Hariyadi dan sekretaris Tri Ayu Ulandari.

Pelaksanaan PKKMB USS 2021/2022 berlangsung khidmat dan antusias. Mahasiswa ramai-ramai mengajukan pertanyaan terkait persiapan perkuliahan.

“Nanti kita akan lakukan sistem pembelajaran secara hybrid learning, kombinasi antara online dan offline. Perkuliahan menggunakan teknologi dengan WiFi yang sangat bagus kualitasnya. Semua Wifi gratis di tiga kampus perkuliahan USS. Untuk perkuliahan hybrid tetap mengikuti Prokes. Semua dosen sudah divaksin, kecuali yang memang belum bisa divaksin karena alasan tertentu. Pegawai dan mahasiswa wajib memakai masker dan menjaga jarak. Setiap datang ke kampus diperiksa suhu tubuh dan wajib cuci tangan,” kata Rektor USS, Yudha Pratomo Mahyuddin.

Terkait pertanyaan para wartawan, bagaimna pengembangan USS selanjutnya? Dirinya menyebut bahwa saat ini sedang digarap dan diusulkan fakultas baru, yaitu usulan Fakultas Kedokteran (FK).

“Sumatera Selatan masih memiliki potensi untuk dibuat Fakultas Kedokteran, hal itu didukung pula oleh harapan yang sangat besar dari masyarakat. USS memiliki group dua rumah sakit yang sangat baik, yaitu RS Bunda Group. InsyaAllah dukungan untuk pendirian FK sangat memungkinkan. Selain FK, USS juga sedang berencana mendirikan Magister Manajemen. Mohon doa ya.. terima kasih..,” kata Yudha bersemangat.

Untuk diketahui, saat ini USS memiliki empat fakultas dengan lima Program Studi (Prodi) S.1, yaitu Prodi Manajemen (FE), Prodi Ilmu Komputer (Fasilkom), Prodi Ilmu Komunikasi (Fikom), Prodi Agribisnis dan Prodi Ilmu Perikanan (Faperta). Walau sudah pelaksanaan PKKMB, USS masih memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin bergabung ke USS dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) hingga akhir September 2021. Kuliah di USS merupakan solusi yang tepat karena memiliki para dosen yang kompeten, fasilitas kampus yang memadai, laboratorium di setiap fakultas, memiliki tiga kampus yang refresentatif, yaitu kampus A di Jl. Letnan Murod Km.5 Palembang, Kampus B di Gedung Graha Bunda Jl. Jend. Sudirman Km.4 Palembang, dan Kampus C di Kompleks RSU Bunda, Jakabaring. Biaya kuliah sangat terjangkau dan dapat dicicil, semua program studi terakreditasi dengan nilai B dan Baik. “Ayo, bergabung ke USS, Entrepreneur University,” ajak Yudha ramah. (red/sm/bbs)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.