Liputansumatera.com
Tegas dan Lugas
muba sejahtera
Banyuasin

Batik Jumputan Pedade Berkilau Siap Bersaing di Tingkat Nasional

52

BANYUASIN, LS – Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H Hani S Rustam SH bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Banyuasin H Merry Hani Rustam, secara resmi me-launching Batik Jumputan Pedade (Bajumpe) Berkilau.

Launching Batik khas Banyuasin ini dilaksanakan secara ceremonial dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 2024 yang berlangsung di Opi Mall Minggu (2/6/2024).

Dalam sambutannya, Pj Bupati optimis dengan telah dilaunchingnya Batik Bajumpe Berkilau siap bersaing di kancah lokal maupun nasional, dengan menggambarkan corak dan motif yang memadu padankan adat dan Budaya Banyuasin dan modern.

“Batik Bajumpe merupakan perpaduan antara batik dan jumputan dengan beberapa ikon Banyuasin yang dituangkan dalam desainnya, seperti rumah adat Banyuasin, pohon kelapa, dan bunga pedade,” ucapnya.

Dirinya memberikan apresiasi acara tersebut yang merupakan langkah tepat untuk mempromosikan, mengembangkan, dan mensejahterakan seluruh sendi kehidupan masyarakat Di Kabupaten Banyuasin terutama batik khas Kabupaten Banyuasin, sehingga dapat memberi manfaat yang lebih serta mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama dari sisi pemberdayaan UMKM.

Lanjut dia, melalui acara fashion show Ini diharapkan para pengrajin batik dan desainer dapat terus berkarya dalam rangka menumbuh kembangkan budaya memakai batik di Kabupaten Banyuasin.

“Selain dapat menambah kekayaan dan keragaman kebudayaan di Indonesia, tetapi juga dapat Ikut memberdayakan perekonomian para pengrajin Batik di Kabupaten Banyuasin,” tambahnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa dibutuhkan sinergitas semua unsur untuk memajukan Batik Kabupaten Banyuasin, baik dari Pemerintah Daerah, Pihak swasta, para seniman Dan para bengrajin batik ltu sendiri. serta diharapkan bagi pengrajin batik untuk terus melakukan Inovasi Dan meningkatkan kreativitas guna memajukan kreasi batik Kabupaten Banyuasin.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, dan mendorong batik khas Kabupaten Banyuasin untuk terus berkembang Dan maju, sehingga potensi-potensi ekonomi dapat bergerak dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” pungkasnya.

Dalam launching Batik Bajumpe Pedade ini juga dilangsungkan pameran hasil kerjasama antara Dinas Perindustrian, Dekranasda, dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), yang diikuti oleh Dinas, Dekranasda Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD, Bank, dan UKM. Kepala Dinas Koperindag Banyuasin, untuk mempromosikan produk UMKM yang ada di Kecamatan se-Banyuasin, dihadiri langsung oleh sejumlah Ketua Dekranasda Kab/Kota Sumsel. (les/smsi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.