Liputansumatera.com
Tegas dan Lugas
muba sejahtera
Banyuasin

Ekspedisi Toba di Geosite Sipinsur, Ketum SMSI: Mari Kita Tulis Dengan Rasa dan Cinta

75

SUMUT, Liputansumatera.com — Geosite Sipinsur di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Provinsi Sumatera Utara, merupakan satu dari 16 Geopark Kaldera Toba yang menyuguhkan pemandangan alam yang cukup indah dan menawan.

Selain udaranya sejuk, lokasi tersebut juga dikelilingi pohon pinus. Sejak diresmikan pada 2018 lalu, kawasan ini banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun asing.

“Sudah dua kali Presiden Jokowi mengunjungi tempat ini (Geosite Sipinsur-red),” ujar Hasundungan Manurung, pengelola Geosite Sipinsur, (5/2/2023).

Lanjutnya, sejak kunjungan Presiden Jokowi, Geosite Sipinsur menjadi primadona andalan Pemkab Humbahas di bidang kepariwisataan.

“Kalau hari-hari libur nasional, pengunjung bisa mencapai 3 ribuan orang,” imbuhnya saat menerima rombongan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), yang merupakan rangkaian dalam menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara.

Melihat kondisi yang ada, Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus beserta rombongan dan jajaran pengurus SMSI provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia, begitu takjub menyaksikan panorama alam Geosite Sipinsur.

“Sungguh keindahan alam yang penting untuk dinikmati. Geopark Kaldera Toba ini merupakan bagian dari warisan dunia yang perlu kita jaga. Mari kita tulis dengan rasa dan penuh cinta,” pesan Firdaus kepada jajaran SMSI.

Ungkapan kagum juga dilontarkan oleh peserta Geopark Kaldera Toba, Sumantri Adie dan NM Charles, SMSI Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Begitu menjejakkan kakinya di Geosite Sipinsur, mereka langsung terpana dan merekam momen keindahan itu dengan handphone nya masing – masing.

“Ini sungguh luar biasa, Ini akan kita viralkan ke masyarakat Sumatera Selatan. Selama ini mereka tau hanya Danau Toba. Ternyata cukup banyak potensi wisata menawan di sekelilingnya,” ujarnya.

Sama dengan geosite lainnya, Geosite Sipinsur juga terbentuk setelah peristiwa letusan Gunung Toba pada 24 ribu tahun lalu. Berbeda dengan geosite lainnya, kawasan Geosite Sipinsur berbentuk runcing yang berada pada ketinggian. Dari atasnya, hamparan Danau Toba begitu indah dengan bukit-bukit yang mengitarinya. (smsi/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.