Liputansumatera.com
Tegas dan Lugas
muba sejahtera
Banyuasin

Jelang Hari Raya Idul Adha, Pemkab Muba Sidak Harga dan Stok Barang di Pasar Randik

118

MUBA, LS – Guna memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional Randik, Kamis (13/6/2024).

Bersama dengan forkopimda dan kepala perangkat daerah, Kepala Dinas Dagperin Muba Azizah SSos MT, berkeliling hampir ke semua kios yang ada di pasar,  mulai dari pedagang beras, bawang, cabe, telur, maupun pedagang ikan dan daging.

Di sela-sela sidak tersebut, Azizah menyempatkan diri berdialog dengan para pedagang, terkait harga dan stok barang menjelang Hari Raya Idhul Adha.

Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi melalui Kepala Dinas Dagperin Muba Azizah SSos MT mengatakan, pantauan harga harus dilakukan, sebab melalui sidak ini bisa mengetahui langsung kondisi dan situasi pasar pada masa-masa ramai pembeli, terutama menjelang Hari Raya Idul Adha, sehingga Pemkab Muba melalui TPID bisa menentukan langkah yang harus diambil, jika terjadi kelangkaan atau lonjakan harga kebutuhan.

“Hari ini kita sudah melihat langsung, bahwa terjadi kenaikan harga, diantaranya cabe merah, yang semula harganya Rp. 50.000/kg sekarang menjadi Rp. 60.000/kg. Cabe rawit
semula harganya Rp. 35.000/kg sekarang menjadi Rp. 40.000/kg. Telur ayam ras semula harganya Rp. 28.000/kg sekarang menjadi Rp. 30.000/kg, daging ayam ras semula harganya Rp. 30.000/kg sekarang menjadi Rp. 32.000/kg. Untuk harga bahan pokok lainnya tetap stabil dan stok cukup tersedia sebagaimana mestinya,” terang Azizah.

Kenaikan harga tersebut, menurutnya, ditandai dengan adanya peningkatan kebutuhan masyarakat di menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Meskipun mengalami kenaikan yang tidak kalah penting harus memastikan pasokan dan bahan pokok penting masih tetap stabil,” tandasnya. (sur)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.