Liputansumatera.com
Tegas dan Lugas
muba sejahtera
Banyuasin

Viral, Tumpahan Diduga Berasal Dari Sumur Bor Ilegal Cemari Sungai Parung di Musi Banyuasin

387

MUBA, LS – Salah satu aktifitas sumur bor ilegal yang berlokasi di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (23/6/2024), sekira pukul 10.00 Wib. Menyemburkan cairan berwarna pekat dengan ketinggian puluhan meter, hingga tidak dapat teratasi.

Diduga, akibat tekanan gas yang tinggi, sumur bor ilegal memuntahkan minyak bercampur gas hingga mengalir ke Sungai Parung anak Sungai Lilin. Sementara, Sungai Parung merupakan sebagai salah satu sumber kehidupan dan perekonomian masyarakat sekitar.

Mirisnya lagi, pencemaran ini menyeret nama seorang kepala desa dalam Kecamatan Sungai Lilin, yang disinyalir sebagai pemilik sumur minyak tersebut.

Dari video yang beredar, terlihat beberapa warga berbondong-bondong mengambil minyak dengan menggunakan perahu tanpa mempedulikan keselamatan mereka masing-masing.

“Meluing-meluing nah sungai Parung, minyak Kabeh. Dak lagi takut buaye nah nah, meresnye disungai. Meres minyak’e neng kali gede nah, gile gile gile sampe lilin,” salah seorang dalam rekaman video tersebut berujar.

Video rekaman lainnya, memperlihatkan sumur bor minyak ilegal yang berada ditepi sungai tersebut, memuntahkan cairan yang pekat dengan ketinggian puluhan meter keatas bumi.

Terkait permasalahan tersebut, Kapolres Muba AKBP Imam Safi’i SIK MSi saat dikonfirmasi media ini mengatakan, permasalahan ini masih dalam penyelidikan. (sur/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.