Liputansumatera.com
Tegas dan Lugas
muba sejahtera
Banyuasin

Pemdes Bumi Kencana Terus Berikan Perhatian dan Pendekatan Terhadap ODGJ di Desanya

66

MUBA, LS – Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) menjadi salah satu perhatian  Pemerintah Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). 

Kepala Desa Bumi Kencana selalu terlibat aktif dalam merespon dan menindak lanjuti laporan, baik dari keluarga maupun masyarakat tentang permasalahan ODGJ atau dengan kata lain masyarakat yang berdampak sosial.

Tindakan yang terintegrasi dan respon dari pemdes Bumi Kencana ini, bukan kali pertama di lakukan. Tindakan ini diharapkan untuk memberikan perhatian dan perlindungan perawatan  kepada ODGJ, agar supaya mendapatkan perhatian dari pemerintah desa.

Menurut Kepala Desa Bumi Kencana Erwin Aprianto, saat dikonfirmasi beberapa wartawan, Selasa (28/5/2024), ada tiga orang warganya yang mengalami kondisi tersebut dan butuh perhatian.

Ketiga ODGJ berinisial En, Ap dan seorang perempuan. Beliau menyampaikan perlunya perhatian bagi penderita ODGJ oleh pemerintah desa karena ganguan kejiwaan bisa terjadi oleh siapa saja.

Baru baru ini, menurut Erwin Aprianto, En sempat ngamuk dengan anak kecil. “Sudah lama aman, baru kali ini En kumat dan sempat ngamuk,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama dinas kesehatan melalui Puskesmas Srigunung melakukan pemeriksaan dan pemberian obat – obatan kepada ketiga ODGJ tersebut.

Selain itu, empati atau kepedulian pihak pemerintah Desa Bumi Kencana dikarenakan, ketiga keluarga tersebut rata – rata dari faktor ekonomi.

“Oleh karena itu, keluarga Ap direncakanan akan kita lakukan bedah rumah,” pungkasnya. (sur/ch)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.